Selasa, 30 Agustus 2016

Sumber Daya Alam, Tingkat Pertumbuhan Ekonomi, dan Pencemaran

Hai,

Kali ini saya akan memberikan beberapa review mengenai hubungan dasar antara "sumberdaya alam, tingkat pertumbuhan ekonomi, dan pencemaran".

Untuk memahami hal tersebut pertama-tama kita harus memahami pengertian umum terhadap ketiga frasa di atas. Definisi masing-masing telah diuraikan dengan jelas dalam file DOWNLOAD.

Setelah memahami pengertian dan batasannya maka terdapat tiga kecenderungan utama yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi membutuhkan jumlah sumberdaya alam yang lebih banyak. Semakin banyak sumberdaya alam yang terpakai semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi.

2. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi maka jumlah ketersediaan sumberdaya alam akan semakin berkurang.

3. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi maka laju tingkat pencemaran juga ikut tinggi.

Berdasarkan 3 hal di atas maka dapat diambil pesan moral bahwa aktifitas manusia, utamanya dalam upaya meningkatkan tingkat perekonomiannya, penting untuk memperhatikan dengan seksama dampak lain (teman-teman yang bergelut di bidang ekonomi senang menyebutnya sebagai eksternalitas).

Dengan memperhatikan eksternalitas tersebutlah maka harapan dunia untuk mengembangkan skema "pembangunan berkelanjutan" dapat tercapai. Melalui skema ini maka peradaban dapat dibangun dan dikembangkan menuju arah yang lebih baik lagi. Peradaban yang layak dan memanusiakan manusia.

Link dapat diunduh di bawah ini :
DOWNLOAD




Salam,


Emban Ibnurusyd Mas'ud, S.Hut, MP
Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin.


1 komentar:

  1. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus